WartaSurabaya
Home Trending Banyak Video YouTube dengan Malware Berbahaya, Bisa Curi Data Pribadi Hingga Merusak Komputer

Banyak Video YouTube dengan Malware Berbahaya, Bisa Curi Data Pribadi Hingga Merusak Komputer

Meski dengan menjadi hiburan yang disukai banyak orang, video YouTube diklaim dapat menjadi salah satu malware berbahaya.

Sebagaimana malware berbahaya lain, pengguna smartphone yang mengunduh video YouTube ini bisa mengalami pencurian informasi pribadi. 

Berkembang pesatnya dunia digital dan teknologi membuat malware berbahaya juga semakin populer di di sejumlah platform, karena menginginkan keuntungan dengan cara jahat.

Malware (malicious software) adalah perangkat lunak yang memiliki niat jahat. Software ini dapat menyusup dan merusak jaringan, sistem komputer, ataupun server secara diam-diam.

Selain itu, software ini bisa mencuri data pribadi, membuat file corrupt, hingga bisa merusak komputer. 

Menurut laporan sejumlah sumber, perusahaan riset CloudSEK melaporkan ada peningkatan pesat video YouTube yang mengandung malware berbahaya, hingga 300 persen.

Tautan malware populer ini di antaranya: Vidar, RedLine, dan Raccoon, yang disematkan langsung di kolom deskripsi sejak November 2022. 

Lantas, bagaimana ciri-ciri video YouTube dengan malware berbahaya ini? Simak uraiannya dalam artikel ini, ya.

Video YouTube dengan Malware Berbahaya

1. Perangkat Menjadi Lebih Lambat

Perangkat yang mengakses tautan malware akan menghabiskan banyak daya, sehingga kinerja perangkat akan semakin lambat. 

2. Tiba-Tiba Error

Selanjutnya, perangkat yang tidak sengaja mengunjungi malware akan tiba-tiba sering error, hang, freeze, serta crash. Padahal, hal ini tidak pernah terjadi  sebelumnya.

3. Muncul Aplikasi Asing

Anda harus mewaspadai bila di komputer atau HP tiba-tiba terpasang sebuah aplikasi asing. Hal ini adalah salah satu ciri-ciri perangkat yang kemungkinan sudah terinfeksi malware. 

4. Muncul Banyak Iklan

Kemudian, tautan malware memiliki ciri-ciri mengandung banyak iklan. Jika sebelumnya sebuah website tidak ada iklan sama sekali, tetapi menjadi banyak iklan, bisa dipastikan bahwa perangkat sudah terkena malware. 

Baca Juga: 7 Handy Talky Online untuk HP Android dan iOS, Ada yang Bisa Diakses Tanpa Kuota!

5. Pengalihan Website

Tautan malware berbahaya terakhir adalah adanya pengalihan website. Missal, saat Anda membuka website A, tetapi tiba-tiba diarahkan ke website C, ini kemungkinan adalah malware.

Cara Kerja Malware Berbahaya

  1. Setelah pengguna mengklik tautan berisi malware, software ini akan menyusup ke perangkat, mulai dari website yang dikunjungi, link yang di klik, file yang di download, hingga aplikasi yang diinstal 
  2. Biasanya beberapa malware yang langsung aktif. Namun, ada juga sebagian malware yang baru bekerja setelah pengguna melakukan hal tertentu. Seperti membuka browser ataupun menjalankan suatu aplikasi 
  3. Jika sudah aktif, malware akan bekerja sesuai perintah pembuat. Seperti, mining crypto, meretas data, menghapus file-file tertentu, dan lainnya. Namun, tentu saja semua ini terjadi tanpa sepengetahuan Anda karena dikerjakan di balik layar.

Demikian kengerian dari video YouTube yang mengandung malware berbahaya. Selalu waspada dan berhati-hati ya!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad