WartaSurabaya
Home Trending Resep Jajanan Kekinian untuk Anak Sekolah, Bikinnya Mudah dan Murah

Resep Jajanan Kekinian untuk Anak Sekolah, Bikinnya Mudah dan Murah

Sumber: anakjajan.com

Para orang tua terkadang merasa cemas dengan apa yang anak-anak makan. Membeli jajanan di luar sekolah perlu tahu kebenarannya. Pastikan bahan-bahan untuk resep jajanan kekinian makanan tidak mengandung bahan kimia dan berbahaya. Selain bahan-bahannya juga higienis dan bersih. Namun, masih banyak pedagang curang yang masih menggunakan bahan berbahaya, bahan tidak sekali pakai dan masih banyak lagi.

Resep Jajanan Kekinian untuk Anak Sekolah

Sebagai alternatifnya, orang tua dapat membuat resep jajanan kekinian untuk anak sekolah. Dengan membuatnya sendiri di rumah, mereka dapat memilih bahan-bahan yang aman. Memastikan bahan yang higienis dan aman untuk bekal buah hati merupakan solusi terbaik bagi para orang tua. Untuk membuatnya, Sahabat bisa mengikuti beberapa cara berikut ini:

Crepes Mini Aneka Rasa

Resep Jajanan Kekinian untuk Anak Sekolah, Bikinnya Mudah dan Murah
Sumber: inthekitchenwithmatt.com

Tekstur crepes yang legit dan crunchy membuat anak-anak semakin suka. Untuk membuatnya, Sahabat tak perlu alat-alat mahal. Siapkan saja teflon biasa, dan aduk adonan kue biasa. Selanjutnya, siapkan bahan-bahan crepes yang terdiri dari air secukupnya, telur sebanyak satu butir, tepung beras sebanyak enam sendok makan, gula pasir sebanyak 4 sendok teh dan tepung maizena sebanyak 2 sendok makan.

Untuk tepung terigu sebanyak 1 sendok makan, sahabat boleh menambahkannya atau tidak. Selanjutnya, tambahkan baking powder sebanyak setengah sendok teh dan susu kental manis sebanyak 4 sendok makan. Bahan ini untuk 6 porsi crepes.

Bahan rasa bisa menggunakan meses cokelat, selai cokelat, kacang, selai matcha, selai taro, strawberry (sesuai selera).

Tahapan membuatnya resep jajanan kekinian:

Resep Jajanan Kekinian untuk Anak Sekolah, Bikinnya Mudah dan Murah
Sumber: chatelaine.com
  • Pertama, masukkan semua bahan pada wadah mangkuk adonan.
  • Kedua, berikan air sesuai kebutuhan kemudian aduk dengan alat pengaduk manual. Terus aduk hingga tidak menggerindil dan mengental. Pastikan tetap adonan tidak encer dan tetap kental.
  • Sementara itu, panaskan teflon. Setelah panas, tuangkan adonan crepes dengan menggunakan centong sayur. Ratakan adonan setipis mungkin.
  • Berikan aneka toping dari semua rasa tadi dan bentuk crepes menjadi segitiga atau roll.

Es Mochi Tanpa Tepung Maizena

Resep Jajanan Kekinian untuk Anak Sekolah, Bikinnya Mudah dan Murah
Sumber: thekitchn.com

Bahan utama mochi sangat mudah. Sahabat hanya perlu mempersiapkan gula pasir sebanyak 2 sendok makan, tepung ketan sebanyak 15 sendok makan dan air sebanyak 100 ml.

Tahapan membuatnya:

  • Pertama-tama adalah mencampur semua bahan hingga benar-benar merata. Gunakan air dengan air bersuhu ruangan ya, Sahabat!
  • Untuk mengetahui masih ada gumpalan tepung atau tidak, saring semua bahan yang teraduk.
  • Tambahkan pewarna makanan yang menarik. Boleh menggunakan pewarna makanan alami seperti daun suji, ekstrak bunga telang, perasan buah naga. Kemudian campur rata pewarna dan adonan.
  • Selanjutnya letakkan adonan dalam wadah tahan panas yang telah terolesi minyak.
  • Kukus adonan di atas air yang mendidih. Tutup adonan dengan kain agar tidak terkena tetesan air. Biarkan adonan terkukus selama 20 menit.
  • Untuk memastikan bahwa adonan matang, tusuk dengan garpu atau tusuk gigi. Sementara itu, taburi tepung ketan sangrai pada wadah lain.
  • Bentuk adonan berbentuk mochi dan letakkan pada wadah baru tersebut.
  • Masukkan bahan isi mochi seperti kacang, cokelat, es krim, dan buah.
  • Diamkan selama tiga sampai lima menit kemudian letakkan dalam freezer.
  • Sajikan dalam wadah plastik dengan lapisan kertas kedap udara.

Sandwich Buah Ala Jepang

Resep Jajanan Kekinian untuk Anak Sekolah, Bikinnya Mudah dan Murah
Sumber: norecipes.com

Sahabat dapat menggunakan buah seadanya. Tidak harus buah kiwi dan stroberi. Sahabat boleh menggunakan sepuluh irisan buah jeruk, anggur, buah naga atau lainnya. Enam lembar roti tawar kupas. Selanjutnya, siapkan juga 120 ml whipping cream dan gula halus sebanyak dua sendok makan.

Tahapan membuatnya:

Resep jajanan kekinian kali ini tanpa perlu peralatan sama sekali karena Sahabat hanya membutuhkan pisau potong dan pisau selai saja. Tahapan membuatnya sangat mudah.

  • Pertama, potong buah-buahan dengan rapi. Selanjutnya, potong roti tawar kupas dengan bentuk segitiga.
  • Lumuri roti tawar dengan whipping cream dan beri sedikit gula.
  • Kemudian tambahkan potongan buah di atasnya.
  • Tutup kembali dengan roti kupas.
  • Sajikan (sandwich untuk 6 porsi).

Corndog Mini ala Korea

Resep Jajanan Kekinian untuk Anak Sekolah, Bikinnya Mudah dan Murah
Sumber: yourallergychefs.com

Makanan ini sangat cocok untuk bekal sekolah atau ide bisnis jualan. Bahan utama yang perlu Sahabat siapkan adalah sosis ayam atau sapi (sesuai pilihan), tepung terigu sebanyak 250 gram, gula pasir sebanyak 3 sendok teh, ragi instan sebanyak satu sendok makan dan garam sebanyak seperempat sendok teh saja. Jangan lupa dengan bahan penting lainnya seperti sebutir telur dan air sebanyak 200 ml. Begitu juga dengan bahan minyak gorengnya.

Bahan-bahan pelengkap yang Sahabat butuhkan adalah saus sambal, saus tomat dan mayones. Sedangkan untuk pendamping lainnya, siapkan paper food tray ukuran kecil, dan tusuk sate.

Tahap untuk membuatnya:

  • Pertama, campurkan semua bahan adonan yang terdiri dari air, ragi, gula, garam, tepung terigu dan telur menjadi satu. Selanjutnya, biarkan adonan selama sejam sampai teksturnya mengembang sempurna.
  • Potong sosis menjadi dua bagian kemudian pasangkan tusuk satenya.
  • Selanjutnya, lumuri sosis yang sudah Sahabat tusuk tadi dengan adonan dan lapisi lagi dengan tepung panir. Setelah lapisan adonan merata, goreng dalam minyak yang sudah panas.
  • Angkat sosis dan tiriskan kemudian tambahkan saus sambal atau saus tomat dan mayones.

Kesimpulan

Membuat resep jajanan kekinian tersebut sangat mudah dengan biaya yang relatif terjangkau. Namun, hal yang terpenting adalah pastikan memilih bahan yang aman, sehat dan alami. Ajarkan buah hat membaca doa dahulu sebelum makan jajan ya, Sahabat!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad