WartaSurabaya
Home Informasi 5 Wisata Solo Terbaru dan Terkeren di Tahun 2023

5 Wisata Solo Terbaru dan Terkeren di Tahun 2023

Wisata Solo Terbaru

Solo itu kota yang udah terkenal banget sama sejarah dan budayanya. Banyak orang yang ngira kalo Solo itu cuma ada Keratonnya doang. Padahal, banyak loh tempat wisata lain yang bisa bikin kamu betah di sini.

Ada yang bisa ngasih kamu sensasi alam, ada yang bisa ngajarin kamu tentang masa lalu, ada juga yang bisa puasin kamu yang suka belanja. Nah, biar kamu gak bingung mau kemana, di artikel ini bakal kasih tau nih daftar tempat wisata solo terbaru dan paling hits di tahun 2023.

Beberapa Daftar Wisata Solo Terbaru 2023

Agrowisata Sondokoro

Buat yang lagi pengen nge-escape dari hiruk-pikuk kota, nih, Agrowisata Sondokoro jadi pilihan asik! Wisatanya cocok buat keluarga, atau buat kita yang masih sekolah, bisa juga jalan-jalan sama temen-temen.

Nah, dulu tempat ini cuma pabrik gula biasa aja, tapi sekarang udah jadi tempat wisata asik banget. Cikal bakalnya adalah pabrik gula tergede di Karanganyar, sejak jaman kolonial. Jadi Ini mah benar-benar legenda, dari jaman dulu sampe sekarang masih beroperasi dengan selamat sejahtera.

Sekitar tahun 2006-an, tempat ini resmi dibuka buat umum. Jadi, dulu kalau kamu pernah ke sini pasti cuma buat urusan gula doang, tapi sekarang makin rame dan seru buat jadi destinasi wisata. Di sini, kamu bisa temuin berbagai macem wahana yang bikin lo senyum sampai ke kuping!

Ada akuarium buat yang suka sama kumpulan ikan cantik, fly fox buat yang doyan sensasi rasanya terbang. Ada kereta lokomotif mesin uap buat yang pengen flashback ke masa jadul dan juga Ada taman air buat yang haus petualangan basah.

Dan yang gak boleh dilewatkan, kamu bisa liat proses pembuatan gula di sini. Wah, seru banget, kan? Jadi, kalau lagi galau mau kemana liburan, Agrowisata Sondokoro ini bisa jadi pilihan yang nggak nyesel. Wisata sondokoro ini bener-bener tempat asik buat jalan-jalan dan nge-isi liburan, deh!

Loji Gandrung

Sebenernya, tempat ini dulunya rumah dinas walikota Solo, tapi sekarang udah buka buat umum jadi wisata terbaru. Jadi, kamu bisa jalan-jalan sambil ngerasain suasana mewah di Loji Gandrung. Mereka buka beberapa area buat pengunjung, ada lobi depan yang keren abis, ruang tamu yang gabungin gaya Eropa dan Jawa, ruang pertemuan, dapur, sampe lobi belakang.

Nah, yang bikin tempat ini makin seru, Loji Gandrung ini udah ada sejak tahun 1830, waktu jaman Belanda masih jaya. Disini banyak banget cerita dan sejarah yang tersimpan di sini. Dulu, tempat ini buat nge-tuan sama salah satu pejabat Belanda yang jaga perkebunan dan sekarang, Loji Gandrung udah diakui sebagai bangunan cagar budaya, nih!

Jadi, kalo lagi bosen pengen jalan-jalan yang beda, mendingan coba dateng ke Loji Gandrung. kamu bisa ngerasain suasana mewah, sambil nge-explore sejarah yang tersembunyi di tempat ini Karena Bener-bener asik buat jalan-jalan dan nge-isengin temen-temenmu.

Pandawa Water World

Pandawa Water World itu kayak taman bermain air keren yang terkenal di Solo. Lokasinya juga nggak jauh dari pusat kota, jadi gampang banget buat dijangkau. Yang bikin tempat ini seru, mereka punya konsep yang unik banget, kombinasi budaya klasik dengan nuansa modern. Bisa dibilang, itu bikin Pandawa Water World jadi super menarik buat dikunjungi.

Di sini, kamu bakal nemuin banyak banget wahana asyik buat anak-anak sampe dewasa. Ada yang namanya Black Hole Slide, Kresna Wave Pool, Volcanic Pond, Earth Shower, sampe ada kolam khusus buat balita juga.

Gak cuma itu aja, buat yang udah besar juga ada tempat buat berolahraga, seperti lapangan futsal, tenis, ada juga aerobic, yoga, gym, dan sauna. Jadi, gak cuma anak-anak yang bisa bersenang-senang, orang dewasa juga bisa nikmatin fasilitas seru di sini. Asyik, kan? Jadi, mendingan kamu ajak keluarga buat jalan-jalan ke Pandawa Water World deh, pasti seru abis!

Museum Batik Danar Hadi

Wisata Solo Terbaru ini jadi salah satu tujuan keren buat yang suka batik atau yang pengen ngeliat kekayaan budaya Indonesia. Lokasinya gak jauh dari pusat kota, jadi gampang banget buat kesana. Museum ini udah berdiri sejak 1890, loh, dirancang sama arsitek Belanda. Jadi, kamu bakal nemuin nuansa eropa yang kental, tapi tetep ada sentuhan klasik Jawa yang bikin keren.

Di dalam museum ini, ada banyak koleksi batik yang bikin mata kamu bakal melek. Ada batik Belanda, batik Cina, batik Jawa Hokokai, batik kraton, batik Indonesia, dan tentu aja batik dari Danar Hadi sendiri. Jadi, bisa dibilang, ini tempat paling oke buat belajar sejarah dan budaya batik di Indonesia. Kalau kamu suka sama batik, wajib banget mampir ke sini!

Tumurun Private Museum

Kalo kamu suka seni dan kesenian, ada satu tempat di Solo yang bakal bikin mata kamu melotot! Namanya Tumurun Private Museum. Kata “tumurun” sendiri itu artinya turun-temurun, dan ini adalah tempat buat ngelanjutin warisan seni keluarga, gitu. Jadi, tempat ini didirikan sama Iwan Kurniawan Lukminto, anaknya kolektor seni terkenal.

Semua koleksi yang ada di sini adalah punya si bapak kolektor seni. Nah, karena ini koleksi pribadi dan murni buatan bapaknya, jadi tiap pengunjung yang mau masuk harus ikut arahan. Dijamin, gak akan nyasar deh, soalnya ada petugas yang siap ngasih panduannya.

Museum ini punya dua lantai yang bisa kamu jelajahi. Gak kalah keren sama museum di New York atau Paris yang Tiap lantainya dibagi jadi dua bagian, ada yang koleksi seni kontemporer dan seni modern.

Tapi yang paling epic, ada karya seni khas yang namanya “Changing Perspective.” Ini bola-bola mata raksasa yang warnanya hijau dan merah. Keren abis! Nah, bola-bola itu hadiah dari Wedhar Riyadi buat kolektor atau si bapaknya Iwan Kurniawan.

Abis jalan-jalan di museum, lu bakal dikasih waktu sekitar 15 menit buat selfie dan abadikan momen. Tapi inget ya, gak boleh pake flash, ntar dilarang! Yang lebih keren lagi, masuk ke museum ini gak bayar alias gratis! Tapi, mereka bakal cek mulai dari kamu datang sampe keluar. Jadi, kamu mesti reservasi dulu lewat website resminya.

Oh iya, website-nya dibuka cuma sehari, soalnya pengunjung selalu rame. Semua orang tertarik, jadi pada reservasi dari jauh-jauh hari. Nah, museum ini ada di Jalan Kebangkitan Nasional No. 2, Sriwedari, Laweyan, Solo, Jawa Tengah. Buka tiap hari dari Senin sampe Jumat, Sabtu, dan Minggu. Jadi, kapan aja kamu bisa mampir!

Penutup

Buat kalian yang lagi rencana mau kesolo, dengerin ya! Pas kamu berkunjung ke wisata alam di Solo, pastiin kamu patuhin semua peraturannya di sana. Gak cuma buat patuh hukum aja, tapi buat jaga kelestarian daerah itu sendiri, bro.

Ingat, jagain kebersihan tempat wisata itu. Biar nanti yang dateng setelah kita juga bisa nikmatin tempatnya dengan seneng hati. Tempat-tempat wisata solo terbaru ini juga terbilang keren banget, bisa bikin siapapun yang dateng kesana jadi terpesona sama keindahan dan pesona alamnya yang bikin kita semua tercengang.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad