WartaSurabaya
Home Tutorial 5 Perawatan Mobil Pasca Mudik Lebaran, Jangan Disepelekan!

5 Perawatan Mobil Pasca Mudik Lebaran, Jangan Disepelekan!

Perawatan mobil pasca mudik lebaran memang harus dilakukan untuk menjaga agar mesin tetap awet dan prima.

Perawatan mobil pasca mudik lebaran tidak bisa disepelekan. Karena meski mobil mahal sekalipun, jika tidak dirawat pasti akan cepat rusak. 

Berikut 5 hal yang harus dicek saat melakukan perawatan mobil pasca mudik lebaran. Simak uraiannya hingga tuntas ya!

Perawatan Mobil Pasca Mudik Lebaran

1. Oli

Oli adalah cairan penting bagi kendaraan bermotor. Sehingga mengecek oli adalah hal pertama yang harus dilakukan dalam perawatan mobil pasca mudik lebaran.

Ketika kendaraan digunakan untuk bepergian jarak jauh dan dalam waktu yang lebih lama dibanding biasanya, suhu mesin akan meningkat sehingga dapat mengubah kekentalan oli. Tak hanya itu, volumenya pun akan berkurang. Sehingga, pastikan oli mobilmu tidak bocor dan rembes ya. 

2. Kaki-Kaki

Selanjutnya adalah memeriksa kaki-kaki. Terlebih bila kamu mudik menggunakan mobil di medan yang bervariasi. Kondisi jalan yang dilalui mungkin berbeda dari biasanya, sehingga komponen ini terpaksa harus bekerja lebih keras dalam menopang bodi kendaraan. 

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Menghapus Tag di Getcontact

Coba cek kondisi shock absorber, lower-arm, ban yang mungkin sudah aus, serta tekanan anginnya.

3. Rem

Bila kamu melewati lintas Pulau Jawa, kemacetan dan waktu yang relatif lama di perjalanan akan memberi beban di bagian rem karena bekerja lebih keras. 

Sehingga, coba cek ketebalan kampas rem. Jika sudah tidak dalam keadaan yang baik, sebaiknya ganti bila memang sudah mencapai batas maksimal.

Selain itu, jangan lupa untuk mengisi minyak rem. Jika isi kembali bila minyak rem berkurang dari takaran yang seharusnya sesuai rekomendasi pabrik.

4. Filter Bahan Bakar

Selama mudik lebaran, beberapa pengendara terkadang terpaksa membeli bahan bakar yang tidak sesuai dengan oktan yang direkomendasikan.

Hal ini sumber bahan bakar kendaraan yang sudah menipis sebelum mencapai SPBU terdekat. 

Sehingga, periksalah filter bahan bakar mobilmu. Gantilah dengan filter bahan bakar yang baru. Karena filter bahan bakar bisa meminimalkan kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

5. Interior dan Filter AC

Terakhir adalah mengecek interior kendaraanmu bersih dari sisa makanan dan minuman di dalam kabin. Mudik lebaran memungkinkanmu membawa banyak perbekalan agar tidak haus dan lapar saat diperjalanan. Terutama jika sedang terjebak macet dan tidak bisa membeli makanan dan minuman.

Sehingga, bersihkankan seluruh kabin mobil, bagasi, dan saringan udara AC. Ruang mobil yang bersih dari sisa makanan dan sampah akan membuat aroma mobil lebih segar. Selain itu, mobil yang bersih akan terhindar serangga yang masuk ke dalam kabin. 

Di antara 5 perawatan mobil pasca mudik lebaran ini, mana yang sudah kamu lakukan?

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad