WartaSurabaya
Home Pendidikan Agama Islam Tetap Semangat, Berikut 5 Tips Agar Tidak Mengantuk Selama Berpuasa

Tetap Semangat, Berikut 5 Tips Agar Tidak Mengantuk Selama Berpuasa

Mengantuk saat puasa adalah masalah yang dihadapi sebagian besar orang di siang hari. Perubahan jam tidur serta ibadah sahur menyebabkan orang merasa waktu tidurnya berkurang. Sehingga tak jarang, ketika beraktifitas di siang hari banyak yang tidak bersemangat dan mengantuk saat puasa. Berikut beberapa tips agar tidak mengantuk selama berpuasa yang dirangkum melalui HelloSehat.

1. Jalan Kaki atau Olahraga

Menurut survei pada ratusan orang di Amerika Serikat, berjalan kaki selama 10 menit dapat meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. 

Hal ini karena, dengan bergerak, kemampuan aliran oksigen ke pembuluh darah, otak, dan otot menjadi meningkat. 

Seperti yang diketahui, mengantuk di siang hari disebabkan karena otak kekurangan pasokan oksigen.

2. Tidur Siang Sejenak

Menurut pakar gangguan tidur Amerika Serikat, dr. Barry Krakow, tidur 5-25 menit bisa membantumu jika sudah tidak tahan dengan mengantuk saat puasa di siang hari. 

Namun ingat, jangan tidur siang terlalu lama. Karena, kamu mungkin malah menjadi semakin lemas karena jam biologis tubuhmu terganggu.

Baca Juga: Praktis dan Hemat, Ini 5 Tempat Santap Sahur Enak dan Murah di Surabaya

3. Ganti Fokus

Kamu mungkin lelah bila terus menatap layar komputer seharian. Untuk merilekskan mata dan punggung agar tidak cepat mengantuk, kamu bisa mengganti pemandangan ketika kantuk menyerang.

Ganti pemandangan dengan beralih dari layar selama 20 detik. Ulangi kegiatan ini setiap 20 menit sekali. Aktivitas ringan ini akan membuat mata menjadi lebih rileks dan segar.

4. Mengobrol

Mengobrol bisa mengurangi mengantuk saat puasa. Namun, dr. Barry Krakow menyarankan agar kamu memilih topik-topik obrolan yang cukup “berat” atau “lucu”, bukan sekadar basa-basi, agar tips ini bisa berhasil.

Sehingga, ajaklah teman atau saudara mengobrol karena aktivitas ini bisa meningkatkan kewaspadaan serta kemampuan berkonsentrasi.

5. Cari Tempat yang Terang

Rasa kantuk biasanya muncul bila pencahayaan di ruangan tempatmu berada redup. Hal ini karena, kantuk juga bisa muncul mengikuti pencahayaan yang diterima mata. 

Saat asupan cahaya berkurang, mata menangkapnya sebagai sinyal untuk beristirahat. Sehingga, kamu bisa menyalakan lampu ruangan atau carilah sinar matahari langsung. Dengan berjalan ke luar ruangan mungkin bisa mengatasi rasa kantukmu.

6. Tarik Napas Dalam

Mengatur napas terbukti bisa membuatmu tidak mengantuk selama puasa. Hal ini karena dengan menarik napas dalam akan menaikkan jumlah oksigen yang ada di otak. Dengan begitu, energimu dan aktivitas otakmu pun akan bertambah.

Cara menarik napas yang dianjurkan adalah dengan menegakkan posisi duduk atau berdiri. Kemudian, tempel salah satu telapak tangan di perut. Lalu, tarik napas sedalam-dalamnya melalui hidung.

Pastikan perutmu mengembang dan “terisi” udara saat kamu menarik napas dalam ini. 

Kemudian, keluarkan udara pernapasan secara perlahan melalui mulut. Kamu bisa mengulanginya selama beberapa kali hingga merasa lebih segar.

Demikian 6 cara agar tidak mengantuk selama berpuasa yang dirangkum melalui Hellosehat. Semoga membantu!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad