WartaSurabaya
Home Informasi Macam-macam Resep Tongseng Sapi tanpa Santan

Macam-macam Resep Tongseng Sapi tanpa Santan

Sumber: food.detik.com

Menurut sejarahnya, tongseng merupakan makanan kombinasi dua jenis masakan. Masakan tersebut antara lain gulai dan sate kambing. Masyarakat jawa telah mengenal makanan ini sejak abad ke-18 hingga abad ke-19. Ketika itu Indonesia kedatangan imigran melalui jalur perdagangan. Mayoritas mereka berasal dari Arab dan India. Bahkan sejak itulah resep tongseng sapi banyak yang mencarinya. Termasuk Sahabat, bukan?

DI abad itu, banyak perkebunan tebu mulai berkembang. Oleh karena itu, masyarakat Jawa mulai mengonsumsi gula jawa. Dengan proses fermentasi kedelai dan gula jawa akhirnya menghasilkan kecap. Sejak itu masyarakat mulai mengolah masakan sate, gulai, dan tongseng.

Macam-macam Resep Tongseng Sapi tanpa Santan

Macam-macam Resep Tongseng Sapi tanpa Santan
sumber: endeus.tv

Seiring dengan perubahan zaman, masyarakat memadukan tongseng dengan kubis, tomat, dan wortel. Sejak itu masyarakat Yogyakarta dan Jawa Tengah mulai menyajikan masakan tongseng.

Bahkan, hotel dan restoran berkelas juga mulai menawarkan menu tongseng.

Bagaimana dengan bahan-bahan tongseng di rumah? Yuk, buat olahan resep tongseng sapi di rumah tanpa santan dengan bahan seadanya.

Resep Tongseng Sapi Kuah Susu

Macam-macam Resep Tongseng Sapi tanpa Santan
Sumber: masakanmama.com

Persiapkan bahan utamanya terlebih dahulu. Mulai dari susu segar tawar sebanyak 1 liter. Empat sendok makan minyak sayur. Dua buah tomat potong kasar, 250 gram daging sapi sengkel atau sandung lamur, rebus hingga empuk.

Potongan dadu kol putih sebanyak 30 gram. Irisan dari satu batang daun bawang. Irisan tipis dari tiga butir bawang merah. Cabai rawit lima buah, iris kecil-kecil. Boleh menggantinya dengan cabai besar tanpa biji jika tak suka pedas.

Memarkan dua batang serai. Daun salam sebanyak 3 lembar. Siapkan lada putih bubuk sebanyak setengah sendok teh. Garam sebanyak satu setengah sendok teh. Kecap manis sebanyak tiga sendok makan dan gula pasir seukuran satu sendok makan saja

Untuk membuat bumbu halusnya, siapkan jahe 2 cm, bawang putih empat siung, e bawang merah enam butir. Sahabat sangrai 4 buah kemiri dan ketumbar satu sendok teh saja. Terakhir adalah kunyit seukuran 3 cm saja.

Tahapan Membuatnya:

Macam-macam Resep Tongseng Sapi tanpa Santan
Sumber: crushpixel.com

Setelah menyiapkan semua bahan, Sahabat dapat membuatnya dengan beberapa langkah:

  • Pertama, blender semua bumbu hingga halus.
  • Sambil menunggu semua bumbunya, panaskan minyak dalam wajan. Setelah bumbu benar-benar halus, masukkan dalam wajan dengan minyak panas tadi. Tambahkan serai, lengkuas dan daun salam. Selanjutnya, aduk kembali.
  • Setelah semua bumbu merata, tambahkan daging sapinya.
  • Berikan susu tawar, merica, garam, gula dan kecap manis. Ratakan dan aduk hingga benar-benar matang.
  • Beri beberapa sayuran pelengkap daun bawang, kol, tomat dan cabai rawit (sesuai selera). Biarkan daging sapi sampai benar-benar empuk dan matang merata.
  • Tuangkan dalam mangkuk saji besar serta taburkan potongan daun bawang dan bawang goreng. Tongseng cocok untuk tiga porsi.

Resep Tongseng Sapi Goreng Khas Jawa Tengah   

Macam-macam Resep Tongseng Sapi tanpa Santan
Sumber: curupekspress.disway.id

Sahabat tidak harus menyajikannya dengan kuah saja. Ada juga resep tongseng sapi goreng. Bahan-bahan yang dapat Sahabat siapkan antara lain air sebanyak 200 ml dan kaldu. Daging sapi sebanyak 700 gram.

Cabai rawit 10 buah (sesuai selera kepedasan, boleh tidak sama sekali). Kol kubis secukupnya. Daun salam sebanyak 2 lembar dan daun jeruk 4 lembar. Serai sebanyak 1 batang. Kecap manis seukuran tiga hingga empat sendok makan. Lada bubuk sebesar satu sendok teh. Siapkan juga daun bawang satu batang, bawang merah goreng. Tambahkan garam dan kaldu non msg secukupnya.

Buat bahan bumbu halusnya juga yang terdiri dari bawang putih sebanyak 5 siung dan bawang merah sebanyak 12 siung. Tambahkan kunyit seukuran ruas kuku, jahe sebesar satu ruas saja. Terakhir, tambahkan lima cabai keriting (boleh sesuai pilihan).

Cara membuatnya:

  • Pertama, masukkan semua bumbu dengan blender sampai halus. Siapkan wajan yang telah Sahabat berikan minyak secukupnya. Setelah itu, tumis semua bumbu halus dalam wajan. Aduk rata hingga tanak dan harum.
  • Tambahkan daging sapi yang telah Sahabat rebus setengah matang tadi.
  • Setelah semua matang, berikan air dan kaldu dari sisa rebusan daging bersih.
  • Jangan lupa berikan kecap, penyedap, lada bubuk dan garam. Sahabat aduk secara merata hingga meresap, tanak dan daging empuk merata.
  • Terakhir,masukkan semua bahan pelengkap yang terdiri dari kol, cabai rawit (sesuai selera). Aduk semua hingga tercampur merata dengan semua bahan lainnya. Tunggu semua bahan yang sudah teraduk hingga semua air menyusut.
  • Supaya semakin nikmat, tambahkan taburan bawan goreng, remahan keripik kentang atau remahan kerupuk melinjo.

Kesimpulan

Sahabat dapat mengolah tongseng sapi sesuai dengan selera. Jika Sahabat ingin memasak tongseng sapi dengan santan juga boleh. Tongseng sapi dapat memasaknya dengan variasi lainnya. Masakan ini bisa mengolah sesuai dengan situasi. Untuk momen keluarga besar seperti perayaan Idul Adha, masakan tongseng sapi dengan kuah memang lebih cocok. Jika ingin menyantapnya untuk beberapa orang saja, resep tongseng sapi goreng bisa menjadi rekomendasinya. Yang terpenting adalah ucapkan doa dan rasa syukur sebelum makan ya, Sahabat!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad