WartaSurabaya
Home Informasi Bosan Itu-Itu saja, Coba Masak 3 Variasi Resep Capcay Ini

Bosan Itu-Itu saja, Coba Masak 3 Variasi Resep Capcay Ini

Sumber: masakapahariini.com

Seperti yang Sahabat ketahui, capcay sebenarnya makanan dari negeri Ginseng. Makanan ini telah populer di China sejak zaman Dinasti Qing. Pada masa dinasti Qing, raja tidak mau mengonsumsi olahan capcay. Ini karena capcay terbuat dari olahan masakan sisa.

Koki kerjaan biasanya membuat olahan capcay dari sayur yang masih tersisa. Menurut bahasa Hokian, cap bermakna 10 sedangkan cay bermakna sayuran. Jadi, capcay pada zaman itu berisi 10 jenis sayuran.

Masak 3 Variasi Resep Capcay Ini di Rumah

Bosan Itu-Itu saja, Coba Masak 3 Variasi Resep Capcay Ini
Sumber: liputan6.com

Seiring berjalannya waktu, imigran China datang ke Indonesia dan memperkenalkan masakan ini. Karena Indonesia memiliki banyak sayuran, resep capcay tidak hanya 10 jenis saja. Apapun jenis sayurannya menjadi satu bahan. Kini, resep capcay memiliki beberapa variasi. Tidak hanya sayur, melainkan ayam, udang, telur dan lainnya.

Resep Capcay Sederhana

Bosan Itu-Itu saja, Coba Masak 3 Variasi Resep Capcay Ini
Sumber: sumeks.disway.id

Siapkan bahan sayuran seperti 100 gram jamur kuping (boleh jamur lainnya) dan bakso (sosis), wortel sebanyak 2 buah, kembang kol atau brokoli sebanyak 1 bonggol, dan satu ikat sawi hijau dan sawi putih. Cincang semua bahan dan masukkan semua bahan dalam wadah.

Racik bumbu yang terdiri dari gula dan garam secukupnya, bawang putih sebanyak 4 siung, bawang bombai setengah siung. Jangan lupa saus tiram setengah sendok teh dan saus tiram satu sendok teh.

Mulai membuatnya:

  • Pertama, Sahabat cincang bawang bombay dan bawang putih kemudian tumis hingga harum.
  • Kedua, masukkan kembang kol atau brokoli dan wortel hingga setengah matang. Lanjutkan dengan semua sayuran sawi.
  • Terakhir, masukkan bumbu yang telah Sahabat racik dan tumis sampai matang.

Resep Capcay Kuah Merah

Bosan Itu-Itu saja, Coba Masak 3 Variasi Resep Capcay Ini
Sumber: briliofood.net

Bahan-bahan yang Sahabat siapkan cukup banyak, antara lain: air sebanyak 700 cc, bakso sebanyak 6 buah, telur urak-arik, potongan dadu fillet ayam sebanyak 200 gram. Brokoli sebanyak 1 bonggol, kacang kapri sebanyak 1 cup, satu buah wortel dan baby corn, rajangan 2 lembar daun bawang, dan sawi putih lima lembar.

Bumbu yang Sahabat siapkan adalah saus tomat sebanyak 4 hingga 5 sendok makan, gula pasir sebesar 2 hingga 3 sdm, garam dan lada secukupnya, satu sendok makan kecap ikan dan saus tiram dan minyak wijen sebesar 2 sdm saja.

Tahapan membuat:

  • Tahap pertama, masukkan sedikit minyak dan semua bawang. Tumis hingga harum.
  • Selanjutnya, tambahkan ayam, bakso atau sosis, telur orak-arik. Sahabat aduk hingga ayam berubah sedikit cokelat.
  • Jika sudah matang, berikan air. Jika air sudah mendidih, beri semua bahan-bahan sayuran.
  • Kemudian masukkan semua bumbu termasuk gula pasir, kecap ikan, garam dan lada.
  • Supaya kuah menjadi kental, tambahkan larutan maizena setelah mematikan api kompor. Sajikan dengan hangat.

Resep Capcay dengan Tamie

Bosan Itu-Itu saja, Coba Masak 3 Variasi Resep Capcay Ini
Sumber: idntimes.com

Pastikan bahan dan bumbu sudah siap. Tamie atau ifumie merupakan mie yang digoreng kering. Siapkan bahan berupa mie keriitng sebanyak 1 bungkus, 100 gram udang kupas, jagung muda, irisan daging ayam, 50 gram jamur (boleh enoki, kuping atau kancing), 3 buah sosis, tepung maizena, air sebanyak 200 ml. Boleh tambahkan bahan lain jika suka.

Bumbu yang bisa Sahabat siapkan antara lain satu sendok teh merica bubuk dan garam, satu sendok makan minyak wijen dan kecap asin, dan saus tiram sebanyak 2 sendok makan. Jangan lupa tambahkan gula setengah sendok teh.

Cara membuatnya:

  • Sahabat dapat merebus mie keriting dahulu sampai lunak dan segera tiriskan. Selanjutnya, letakkan mie dalam cetakan mangkok. Kemudian goreng mie setelah minyak mulai panas. Jika mie sudah mulai keras, segera tiriskan.
  • Masukkan sedikit minyak dalam wajan untuk menumis bawang putih yang telah Sahabat cincang. Tumis semua bawang hingga harum.
  • Setelah menumisnya sampai berubah aroma, masukkan semua bahan seperti bakso, udang, ayam atau sosis terlebih dahulu. Apabila bahan-bahan sudah mulai menguning dan cokelat, tambahkan bahan-bahan sayurannya. Aduk capcay sampai tekstur sayur sedikit layu dan melunak.
  • Tambahkan bumbu dan berikan air 200 ml sambil Sahabat aduk-aduk. Jika capcay telah mendidih, Sahabat tiriskan dengan segera.
  • Berikan larutan maizena pada capcay sayuran dan angkat apabila kuah sudah mengental.
  • Jika capcay sudah matang, segera tuangkan dalam mangkok mie yang telah Sahabat goreng tadi. Tamie capcay siap sajikan bersama keluarga di rumah.

Kesimpulan

Membuatnya tidak harus semirip mungkin dengan resep capcay yang telah kami tulis. Sahabat di rumah bisa memilih bahan sesuai selera. Boleh menggunakan sayur dan bahan seadanya, atau bahan yang lebih lengkap. Sarannya membeli sayuran yang segar dengan warna kontras. Misalnya saja dengan penambahan sosis, juga udang. Komponen tersebut memberikan warna yang menarik.

Apabila capcay masih tersisa, jangan terburu Sahabat buang. Letakkan sisa makanan dalam wadah plastik tertutup dan simpan dalam lemari es. Sahabat pasti membutuhkannya sewaktu-waktu. Dan, jangan lupa membaca doa sebelum makan capcay ya, Sahabat!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad