WartaSurabaya
Home Pendidikan 5 Cara Mengatur Uang THR, Jangan Pelit!

5 Cara Mengatur Uang THR, Jangan Pelit!

Cara mengatur uang THR atau yang dulu disebut sebagai gaji ke-13 adalah salah satu hal yang sering disepelekan sebagian orang. Mendapat tunjangan dari perusahaan menjelang hari raya tentu sangat dibutuhkan karena umumnya di waktu ini semua harga bahan pokok melambung tinggi.

Namun, meski mendapatkan sejumlah uang, hal ini akan tidak ada artinya jika tidak adanya pengelolaan yang baik. Sehingga, mengatur uang THR sangat penting untuk dilakukan.

Cara Mengatur Uang THR

Cara mengatur uang THR perlu dimiliki tidak hanya oleh ibu-ibu, tetapi semua orang. Karena jika telah terbiasa mengelola keuangan dengan baik, maka tidak akan bingung dengan tantangan finansial di masa depan.

1. Menentukan Skala Prioritas

Cara mengatur uang THR adalah dengan menentukan skala prioritas sebelum membelanjakannya. Beberapa anggaran yang perlu menjadi prioritas adalah: zakat dan sedekah, kebutuhan sehari-hari, pendidikan, serta kesehatan.

Setelah itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengalokasikan anggaran untuk menabung, investasi, dan asuransi.

2. Jangan Tergoda Barang Murah

Menjelang lebaran, diskon dan promo memang mudah ditemui dimana pun. Namun ingat, jangan mudah tergiur oleh harga murah yang memiliki kualitas produk yang jelek.

Karena barang dengan kualitas jelek akan mudah rusak dan biaya untuk reparasi atau membeli barang yang baru tentu akan lebih mahal dibanding membeli satu produk dengan kualitas bagus.

3. Self Reward

Cara mengatur uang THR selanjutnya adalah melihat kebutuhan self reward karena hal ini merupakan salah satu anggaran prioritas bagi sebagian orang. Mengingat betapa melelahkannya mencari uang membuat mereka ingin memanjakan diri atas hasil usahanya selama ini.

Namun ingat, self reward bukanlah hal yang wajib untuk dilakukan. Jangan sampai alih-alih ingin menghargai diri sendiri justru berujung pada pemborosan yang tak perlu.

Sehingga kembali pada poin pertama, kamu harus pandai Menyusun skala prioritas sebelum membelanjakan uang THR-mu.

4. Jangan Pelit

Sebaliknya, yang tak kalah penting adalah jangan pelit, baik pada diri sendiri, keluarga, maupun orang lain. Alih-alih ingin berhemat kamu justru terlalu pelit.

Ingat bahwa berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan bernilai pahala yang besar, sehingga menyenangkan keluarga dan bersedekah untuk orang lain juga perlu untuk rutin dilakukan.

5. Jangan Berhutang

Bagi sebagian orang, meski sudah mendapat uang THR, tetapi karena pengelolaan keuangan yang buruk, ditambah terus melonjaknya harga kebutuhan, membuat mereka akhirnya terpaksa untuk berhutang.

Tentu hal ini sebenarnya bisa dihindari dengan menyusun skala prioritas, seperti yang dipaparkan pada poin pertama. Sebaliknya, jika bisa, segerakan membayar jika memiliki hutang.

Tempatkan membayar hutang dan zakat serta sedekah di poin pertama karena hal ini bersifat wajib. Karena bagi sebagian orang, berhutang dan membayar hutang sering dianggap sepele. Jangan sampai merugikan orang lain karena sikap yang satu ini, ya!

Demikian 4 cara mengatur uang THR yang bijak. Semoga membantu!

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad