WartaSurabaya
Home Tutorial Waspada, 4 Tips Menghindari Modus Penipuan Chat Whatsapp

Waspada, 4 Tips Menghindari Modus Penipuan Chat Whatsapp

Modus penipuan chat whatsapp belakangan ini semakin marak terjadi, para komplotan penipu selalu ada cara untuk membuat perangkap calon korban agar terjebak di dalamnya. Kondisi tersebut sangat mengkhawatirkan bagi orang tua yang gaptek.

Persoalan muncul apabila korban melakukan instalasi aplikasi dengan kedok berupa resi pengiriman, tagihan pembayaran, dan lain sebagainya. Bahkan hampir semua instansi plat merah (BUMN) pun sudah berhasil mereka klaim.

Sebagai salah satu contohnya adalah screenshoot yang berhasil kami amankan dengan mengatas namakan instansi BPJS dalam urusan tagihan iuran bulanan. 

Screenshoot contoh penipuan mengatasnamakan BPJS

Kejadian serupa juga sudah banyak dialami oleh masyarakat lain, dan jangan sampai hal ini dialami oleh keluarga terdekat anda. Lalu bagaimana nih cara mengatasi modus penipuan chat whatsapp yang saat ini sangat meresahkan? Kali ini, kami ingin membagikan sedikit tips preventive agar aman dari modus penipuan. 

Menghindari Modus Penipuan Chat Whatsapp

Dalam artikel ini akan kami berikan 4 tips yang bermanfaat agar kamu bisa aman dari bahayanya ancaman tersebut, antara lain.

  1. Jangan pernah klik file dengan ekstensi file .apk siapapun itu orangnya, karena itu merupakan aplikasi bukan berisi gambar atau video. 
  2. Blokir nomer whatsapp yang tidak dikenal jika mengirimkan pesan tersebut. 
  3. Aktifkan setting pada smartphone kalian, tidak mengizinkan install aplikasi dari sumber yang tidak dipercaya. Baik itu dari appstore atau play store. 
  4. Laporkan nomer tersebut pada menu whatsapp jika nomer tersebut melakukan spam. 

Ke-4 tips di atas jika kalian jalankan maka upaya modus penipuan chat whatsapp tidak akan berlaku pada kalian. 

Bahayanya jika sekali kamu install aplikasi tersebut adalah, para penipu dapat akses kontrol penuh terhadap HP anda, atau istilah lainnya adalah mirroring. 

Jadi tidak heran bila banyak korban tiba-tiba mbanking nya habis tersedot saldonya, atau akun sosial medianya berhasil dihack. 

Tolong sebarkan artikel ini agar keluarga kalian aman dan tidak termakan embel-embel apapun untuk klik aplikasi yang tidak jelas sumber dan asal usulnya, terimakasih.

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad