BLANTERORIONv101

Cara Mengatasi Spasi Jauh di Word Dengan Mudah

21 Oktober 2022
Cara mengatasi spasi jauh di word

Wartasurabaya.com - Cara mengatasi spasi jauh di word ternyata masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Wajar saja, saat kalian sudah membuat laporan dengan rapi dan sebaik mungkin, ketika dikirim ke guru atau dosen, lalu dosen komplain file yang kalian kirim bentuknya tidak beraturan atau spasi jauh, pastinya sangat berpengaruh pada kinerja. 

Begitu juga sebaliknya, jika kalian seorang dosen dan menerima file mahasiswa yang spasinya jauh. Jangan disalahkan! Gunakan cara di bawa ini supaya update. 

Penyebab Spasi Jauh di Word

Sebenarnya ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhi kenapa spasi di word bisa sangat jauh atau bahkan berantakan, alasannya antara lain sebagai berikut. 
  • File dokumen terindikasi hasil copy paste, kalian tidak terlalu peduli dalam format penulisannya sehingga jarak spasi terlalu jauh. 
  • Ekstensi dokumen yang terlampau jauh versinya, seperti si A mengirim file docx sedangkan si B hanya bisa menerima file doc saja. 
Dua poin tersebut merupakan sumber masalah saat dokumen word spasinya jauh. Lalu bagaimana cara mengatasi spasi jauh di word? 

Pilihan kalian mengunjungi wartasurabaya sudah sangat tepat untuk mencari jawabannya, di sini kami akan membahas sedikit tutorial singkatnya agar kalian tidak pusing. 

Cara Mengatasi Spasi Jauh di Word

Masuk ke dalam pembahasan utama terkait cara mengatasi spasi jauh di word, kami akan memberikan 2 cara ampuh saja dan satunya adalah cara pamungkas yang wajib dicoba. 

Saat kalian mendapati file dokumen word yang spasinya kejauhan, jangan cemas. Cukup tenang dan perbaiki dengan 2 langkah di bawah ini.  

1. Menggunakan CTRL+H

Langkah pertama yang akan kami berikan adalah dengan cara CTRL+H yaitu untuk mengubah karakter yang ada di dalam word menjadi karakter yang kita kehendaki. 

Permasalahan utamanya adalah spasi terlalu jauh, jadi tutorial singkatnya adalah sebagai berikut:
  • Saat kalian sudah menekan CTRL+H maka akan terbuka kolom perintah. 
  • Isi "find what" dengan jumlah spasi, contoh dalam dokumen banyak 2 hingga 4 spasi, maka pada kolom atas kalian cukup melakukan spasi sebanyak 2 kali. 
  • Lalu pada kolom "replace", kalian cukup melakukan spasi sebanyak 1 kali. Kemudian tekan enter.
  • Silakan cek, paragraf yang spasinya jauh akan berdekatan. 
Cara ini memerlukan ketelitian karena jika kalian mendapati ratusan halaman dan harus dicek satu persatu jumlah spasinya, tapi cara ini work to do. 

2. Mengganti Ekstensi File

Cara pamungkas yang menurut kami bisa dilakukan adalah dengan cara mengganti ekstensi file. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kejadian ini biasanya terjadi karena perbedaan versi Ms. Word antar dua belah pihak. 

Cara mengatasi spasi jauh di word yang kedua ini dapat menyelesaikan masalah kalian dengan mudah, hanya dengan mengganti ekstensi file, dari DOCX menjadi DOC. 

Caranya gimana sih untuk ganti ekstensi? Sangat mudah kok, ada beberapa opsi yang bisa kalian lakukan. 
  • Cari dokumen yang ingin diganti ekstensinya, lalu klik kanan, pilih rename. 
  • Setelah itu, jangan lupa tambahkan ekstensi menjadi DOC saja, jangan DOCX. 
  • Jika sulit, silakan ketik di google untuk mencari konversi ekstensi online dari DOCX to DOC, dan download hasilnya. 
Setelah dibuka, maka hasilnya sudah tidak berantakan lagi loh! Spasi jauh di word secara ajaib sudah menghilang. 

Bagaimana, sudah bisa mengatasi masalahnya bukan? Selamat mencoba ya! Terus ikuti website ini untuk mendapatkan artikel menarik lainnya. 

Komentar