WartaSurabaya
Home Pendidikan Agama Islam 5 Hal Krusial yang Harus Diperhatikan Sebelum Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

5 Hal Krusial yang Harus Diperhatikan Sebelum Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Mudik adalah salah satu tradisi yang sangat melekat saat lebaran tiba. Momen berkumpul bersama keluarga ini tentu tidak disia-siakan mengingat kesibukan masing-masing anggota keluarga, sehingga banyak orang yang rela tidak cuti di lain hari saat demi bisa mudik dan meninggalkan rumah.

Saat mudik, rumah tentu menjadi kosong selama beberapa hari. Sehingga, kamu perlu mempersiapkan agar rumah dan barang berharga yang ditinggalkan tetap aman selama pulang kampung.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat meninggalkan rumah ketika mudik agar rumah tetap aman.

1. Sambungan Listrik

Sebelum meninggalkan rumah, ada baiknya kamu mengecek sambungan listrik di rumahmu. Kamu bisa mencabut kabel elektronik yang tidak terpakai selama mudik. Selain agar lebih hemat daya, ini juga membuat rumahmu aman selama ditinggalkan.

Tak hanya itu, hal ini juga akan meminimalkan korsleting listrik yang sangat berbahaya tidak hanya bagi rumahmu, tetapi juga tetangga. Karena korsleting listrik bisa menimbulkan percikan api hingga kebakaran.

2. Bahan Makanan

Pergi dalam beberapa hari membuatmu tentu tidak makan di rumah. Akibatnya, bahan makanan yang tersisa mungkin akan rusak atau kadaluarsa.

Sehingga, kamu perlu memperhitungkan hal ini ketika sudah merencanakan akan pulang kampung. Jangan menyetok bahan makanan dan buah-buahan terlalu banyak agar tidak ada makanan yang busuk atau basi.

Jika ada bahan makanan yang tersisa, kamu bisa mengolah dan membawanya sebagai bekal di perjalanan. Selain itu, jika kamu merasa barang bawaanmu sudah terlalu banyak, kamu bisa memberi makanan tersebut pada orang lain.

Sebisa mungkin, hindari sikap membuang-buang makanan ya. Terlebih di Bulan Ramadhan seperti ini, berbagi makanan tentu bermakna karena masih banyak orang yang mengeluh kelaparan di luar sana.

3. Kebersihan Rumah

Baca Juga: 4 Cara Malam Mingguan Saat Bulan Ramadhan, Cocok untuk Anak Ekstrovert

Sebisa mungkin, janganlah meninggalkan rumah dalam keadaan kotor. Ajaklah seluruh anggota keluarga untuk bergotong royong sebelum mudik untuk membersihkan rumah.

Hal ini akan memudahkanmu ketika pulang dari mudik. Karena ketika kamu pergi selama beberapa hari, rumah yang ditinggalkan akan berdebu dan kotor.

Kamu tentu tidak ingin ketika lelah perjalanan sehabis mudik, lalu masih harus bersusah payah membersihkan rumah.

Dengan meninggalkan rumah dalam keadaan bersih, kamu tidak perlu bekerja terlalu keras saat kembali nanti.

4. Pintu dan Jendela

Selain mengecek colokan ke stop kontak listrik, kamu juga perlu memperhatikan pintu dan jendela. Pastikan semua akses masuk ke dalam rumahmu telah terkunci rapat, ya. Simpan pula kunci rumah di tempat yang aman sehingga kamu tidak kesulitan mencarinya saat kembali nanti.

5. Tabung Gas

Tabung gas adalah hal berikutnya yang harus dicek sebelum meninggalkan rumah. Pastikan tabung gasmu dalam keadaan aman dan tidak bocor ya.

5 hal ini sangat krusial dan harus kamu perhatikan sebelum meninggalkan rumah ya. Selamat mudik dan bersilaturahmi bersama keluarga di rumah. 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad