WartaSurabaya
Home Tutorial 4 Cara Agar Kembali Produktif Setelah Libur dan Cuti Lebaran, Langsung Terapkan!

4 Cara Agar Kembali Produktif Setelah Libur dan Cuti Lebaran, Langsung Terapkan!

Libur lebaran telah usai. Rutinitas dan tugas di tempat kerja telah menanti. Sehingga, beberapa orang berusaha mencari cara agar kembali produktif setelah libur dan cuti. 

Suasana hangat dan santai saat masih di kampung halaman mungkin masih sangat melekat diingatan. Rasa capek saat diperjalanan juga belum hilang. Namun, rasa tanggung jawab membuatmu tetap produktif setelah libur dan cuti.

Berikut beberapa cara yang bisa memudahkanmu agar kembali produktif setelah libur dan cuti.

Cara Agar Kembali Produktif Setelah Libur dan Cuti

1. Menyusun Prioritas dan Agenda

Agenda atau jadwal harian seringkali memudahkanmu untuk tidak melewatkan hal penting yang harus dilakukan. Agenda juga membantumu untuk tidak banyak membuang waktu karena teringat akan target yang harus diselesaikan di hari tersebut.

Namun, dalam menyusun agenda, kamu juga perlu pandai-pandai mengetahui skala prioritas. Karena tanpa mengetahui skala prioritas, kamu akan mendapat masalah di tempat kerja.

Tugas yang tenggat waktunya singkat bisa terabaikan tanpa sebuah prioritas yang tepat di agendamu. Sehingga, kamu bisa menerima teguran atau komplain dari atasan.

Kamu tentu tidak menginginkan hal ini terjadi, kan?

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Menghapus Tag di Getcontact

Sehingga, selalu dahulukan tugas yang memiliki tenggat waktu singkat serta selesaikan pekerjaan yang berpotensi menimbulkan komplain lebih dulu dibanding tugas lainnya.

2. Istirahat

Istirahat adalah hal yang tidak bisa diabaikan dalam bekerja. Jangan sampai alih-alih ingin selalu produktif, kamu justru sakit secara fisik maupun mental karena mengabaikan istirahat. Terlebih sebelumnya kamu mungkin masih kecapean akibat perjalanan mudik atau liburanmu.

Sehingga, tetap perhatikan waktu istirahat dan gunakan dengan sebaik mungkin. Kamu bisa menggunakan teknik podomoro untuk membantumu beristirahat di sela-sela pekerjaanmu.

Caranya adalah dengan kerjakan tugas selama 25 menit, lalu istirahat 5 menit, ulangi kegiatan ini sebanyak 4x. Kemudian istirahat 20-30 menit sebelum melakukan putaran podomoro selanjutnya. 

3. Minum Vitamin dan Madu

Beberapa orang mungkin merasa begitu kecapean setelah perjalanan mudik yang panjang. Terlebih bila kondisi tubuh memang tidak fit.

Sehingga, konsumsi vitamin dan atau madu sebagai suplemen tambahan mungkin bisa membantu mempercepat pemulihan stamina.

Selain itu, dalam keadaan kurang fit, mungkin kamu akan cenderung malas makan dan minum. Oleh sebab itu, vitamin dan madu bisa menjadi pengganti asupan yang berkurang karena porsi makan dan jumlah gizi yang menurun.

4. Olahraga

Olahraga selalu ampuh untuk membantumu tetap produktif. Karena fisik yang sudah terbiasa berolahraga akan lebih segar dan kuat. Sehingga staminanya lebih prima dibanding orang yang jarang bergeran.

Selain itu, orang yang rutin berolahraga akan tidak mudah lelah. Sehingga ia lebih bisa melakukan banyak hal karena energinya yang masih optimal.

Olahraga juga terbukti membuat pikiran dan mental lebih segar dan sehat. Sehingga, otak lebih siap untuk kembali diajak berpikir saat bekerja setelah liburan.

Siap mencoba tips-tips di atas agar kembali produktif setelah libur dan cuti?

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad