BLANTERORIONv101

5 Oleh-oleh Khas Surabaya Terpopuler dan Wajib Dibeli Saat Liburan

3 Desember 2022

 

oleh-oleh khas Surabaya paling populer

Jika berlibur ke kota Pahlawan tak boleh lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas Surabaya yang sedang hits. Wisatawan bisa mendapatkan oleh-oleh tak hanya berupa jajanan, tapi juga souvenir dan bahkan kaos. 

List Oleh-oleh Khas Surabaya Terpopuler

Jika masih bingung mau beli oleh-oleh khas Surabaya apa untuk dibawa pulang, berikut daftar beberapa oleh-oleh paling populer yang bisa jadi pertimbangan.

1. Sambal Bu Rudy



Setiap wisatawan yang berkunjung ke Surabaya pasti ingin membeli sambal Bu Rudy yang sudah terkenal sejak lama ini. Selain tahan lama, kemasan sambalnya praktis dan anti tumpah.


Rasanya bervariasi dengan tingkat kepedasan standar lidah orang Indonesia. Tak heran jika sambal Bu Rudy menjadi oleh-oleh favorit. Sambal ini memiliki banyak varian mulai sambal ijo, sambal teri, sambal bajak, dan sambal teri.


Wisatawan bisa membeli sambal Bu Rudy dengan mendatangi depot pusatnya yang ada di Jalan Dharmahusada 140, Surabaya. Harga per botol sambal hanya Rp15.000 sampai Rp148.000 sesuai besar kemasan.

2. Spikoe Surabaya



Oleh-oleh khas Surabaya yang paling legendaris dan masih populer yaitu spikoe Surabaya. Kue ini dikenal juga dengan Spikoe resep kuno karena sudah diproduksi lebih dari dua puluh tahun.


Spikoe Surabaya terdiri dari lapisan dengan isian rasa yang tak kalah nikmat dengan kue kekinian lainnya. Rasanya masih otentik dan manis. Rasanya otentik dan tidak pernah berubah. Sehingga tak heran harganya cukup mahal diantara oleh-oleh lain. Satu kotak spikoe berkisar Rp85.000 hingga Rp200.000.


3. Kerupuk Ikan Kenjeran



Jika mampir ke Pantai Kenjeran, kurang rasanya jika tak membeli jajanan khas tempat wisata ini. Di tempat ini wisatawan akan menemukan beraneka ragam kerupuk dan olahan ikan lainnya. 


Misalnya terung putih, kulit ikan, keripik kentang udang, kerupuk ikan tenggiri, kerupuk rumput laut, kerupuk ikan sepat, kerupuk teripang, kerupuk ikan wader, kerupuk udang dan sebagainya. 


Jika ingin yang memiliki ketahanan lama bisa membeli versi mentah. Harganya bervariasi mulai Rp10.000 hingga Rp100.000 tergantung berat dan jenis kerupuknya.

4. Kaos Cak Cuk



Tak kalah dengan Jogja yang punya Dagadu, Surabaya juga punya kaos andalan yaitu Cak Cuk. Kaos ini diproduksi langsung di Surabaya dengan desain bahasa gaul ala arek Suroboyo.


Misalnya dengan tulisan Jancuk dan Surabaya, sudah menjadi ciri khas dari kaos ini. Selain menjual kaos Cak Cuk sekarang sudah memproduksi topi, tas, gantungan kunci hingga mug.


Alamat toko Cak Cuk Surabaya ada di Jl Dharmawangsa sekitar daerah Gubeng sejak tahun 2005. Harga kaos bervariasi mulai dari Rp80.000 hingga Rp100.000.

5. Lapis Kukus Surabaya



Oleh-oleh khas Surabaya yang satu ini harus dicoba. Lapis Kukus Surabaya sudah menjadi kue wajib yang harus dibeli. Kemasannya memiliki simbol khas Suro dan Boyo seperti patung yang ada di depan wisata Kebun Binatang Surabaya.


Wisatawan bisa ke toko pusatnya yang berada di Jalan Diponegoro. Namun, hampir semua stasiun sudah memiliki outlet Lapis Kukus Pahlawan ini sehingga sangat mudah untuk membeli oleh-oleh yang satu ini. Harga per kotaknya dibanderol mulai Rp35.000 hingga Rp45.000 sesuai rasanya.


Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya terpopuler dan bisa didapat dengan mudah saat berkunjung ke kota Pahlawan. Jadi, kapan liburan ke Surabaya?


Komentar