WartaSurabaya
Home Pendidikan 5 Rekomendasi Kampus Negeri di Surabaya, Ada Pilihanmu?

5 Rekomendasi Kampus Negeri di Surabaya, Ada Pilihanmu?

Wartasurabaya.com – Ada banyak sekali pilihan rekomendasi kampus negeri di Surabaya yang bisa dituju. Apalagi Surabaya merupakan kota terbesar setelah Jakarta sehingga tak perlu lagi diragukan kualitas pendidikannya. Beberapa orang mungkin bingung dalam memilih antara universitas negeri dan swasta. Jika Anda mengalami masalah di biaya, maka universitas negeri jadi solusi tepat.

Apalagi ada sejumlah kelebihan yang bisa dirasakan saat memilih kuliah di kampus negeri. Salah satunya adalah lebih banyak peluang beasiswa. Jika dilihat dari segi kualitas pendidikan, tentu tidak kalah bagus dari kampus swasta. Banyak dosen yang kompeten dan siap membuat mahasiswanya merasakan prospek kerja menjanjikan.

Rekomendasi Kampus Negeri di Surabaya Terbaik

Hadirnya berbagai macam universitas dengan aneka prodi, tentu membuat mahasiswa kebingungan dalam memilih kampus terbaik. Nah, bagi Anda yang ingin merasakan kuliah di Surabaya dan memilih kampus negeri, maka bisa melihat beberapa referensi di bawah ini. Pastikan prodi yang diminati ada di kampus impian, ya. Berikut pembahasannya.

Baca Juga: Kampus Swasta Terbaik di Surabaya

1. Universitas Airlangga

Siapa sih yang masih tidak kenal atau belum familier dengan Universitas Airlangga? Kampus yang juga dikenal sebagai UNAIR ini mempunyai banyak pilihan jurusan menarik untuk dipilih.

Mulai dari jurusan Kedokteran, Akuntansi, Perpajakan, Psikologi Profesi, Biologi, Ilmu Hukum, Kesehatan Masyarakat, sampai Sastra Indonesia. Tidak perlu diragukan lagi karena beberapa jurusan di atas sudah akreditasi A.

2. UIN Sunan Ampel

Salah satu universitas negeri di Surabaya favorit adalah UIN Sunan Ampel. Universitas ini cocok untuk Anda yang ingin mendalami ilmu agama. Hal ini karena landasan utama dalam pembelajarannya adalah konsep Islami. Beberapa jurusan yang mungkin disukai antara lain Sejarah Peradaban Islam, Manajemen Dakwah, sampai Aqidah dan Filsafat Islam. Di sini, Anda juga bisa menemukan jurusan Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, dan Pendidikan Bahasa Inggris.

3. Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya atau Unesa adalah perguruan tinggi negeri yang sudah ada sejak tahun
1950. Namun, kualitasnya terus menunjukkan hasil terbaik. Salah satunya berhasil mendapatkan penghargaan Anugerah Peduli Pendidikan 2022 dari Wardhana Training Center atau WdTc.

Jika Anda mencari kampus dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, maka Unesa bisa jadi pilihan tepat. Ada lagi fakultas lainnya yang menarik perhatian, seperti Fakultas Ilmu Olahraga, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum.

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Jika Anda sedang mencari kampus negeri di Surabaya yang menawarkan karier di dunia start up, maka ITS bisa jadi pilihan. Sudah banyak alumni yang lulus dari ITS dan berhasil mendapatkan banyak penghasilan. Beberapa jurusan favorit yang bisa dipilih adalah Teknik Industri, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Transportasi Laut, sampai Teknik Sipil.

Salah satu alasan kenapa Anda harus masuk ke kampus ini lantaran termasuk salah satu insitut terbaik di Indonesia. Tidak hanya mempunyai prestasi nasional saja, tapi juga sudah menjuarai kompetisi di kancah internasional. Selain itu, lokasinya yang strategis dan green campus menjadi alasan lainnya, lho.

5. UPN Veteran Jawa Timur

Kampus Negeri di Surabaya yang bisa masuk list pilihan adalah UPN Veteran Jawa Timur. Universitas Pembangunan Negeri ini mempunyai jurusan Manajemen, Sistem Informasi, Hukum, Administrasi Bisnis, dan Ilmu Komunikasi.

Uniknya lagi, UPN menyediakan jurusan yang unik dan keren, lho, yaitu Teknik Kimia, Desain Komunikasi Visual, dan Agroteknologi. Keuntungan memilih kampus UPN adalah menyediakan fasilitas rusunawa. Jadi, Anda tak perlu bingung atau khawatir untuk mencari kost yang dekat dengan kampus.

Beberapa pilihan kampus negeri di Surabaya bisa Anda cari tahu informasinya lebih banyak. Tidak ada salahnya untuk mengetahui banyak informasi agar puas dalam memilih kampus terbaik. Jadi, adalah pilihan universitas impian Anda si atas?

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad